Cari Berita



LKS Mecatronika Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK Industri

10 September 2014, 13:56:43


Pendidikan



Semarang - Dalam rangka meningkatkan kompetensi di bidang elektronika, SMKN 7 Semarang mengadakan lomba kompetensi siswa SMK tingkat provinsi se-Jawa Tengah ke 23. Lomba kali ini bertemakan "Mechatronika", yang merupakan gabungan atau sinergi dari ilmu mekanik, ilmu elektronika dan informatika. Para peserta diwajibkan untuk membuat suatu alat dasar yang bernama Pneumatic, yaitu alat yang menggunakan udara bertenaga.

Jumlah peserta tahun ini adalah 13 tim dari masing-masing perwakilan kabupaten/kota se-Jawa Tengah, diantaranya Salatiga, Semarang, Kudus, Cilacap, Surakarta, Pati, Kendal, Banjarnegara, Sukoharjo, Purwodadi, Klaten, Sragen dan Temanggung. Acara yang berlangsung dari tanggal 9-11 September di gedung aula SMKN 7 Semarang ini berlangsung sukses. 

Dalam pelaksanaan lomba, para peserta masing-masing diberikan alat-alat yang harus dirancang untuk menjadi alat pneumatic. Bunyani, ketua panitia lomba kali ini berharap agar Semarang dapat maju ke tingkat nasional hingga ke tingkat internasional.

Senada, John Nathanael selaku juri dalam perlombaan menyebutkan bahwa lomba ketrampilan siswa SMK diharapkan akan meningkatkan kompetensi. Beliau juga berharap agar output-output dari SMK tidak hanya menjadi operator tetapi dapat naik ke level kompetensi maintenance hingga ke designer sistem. (nad-tes)


Komentar

TOP