Cari Berita



Banyak Perumahan Tak Terlayani Transportasi

16 September 2014, 10:50:50


Pemerintahan



Semarang – Banyaknya perumahan baru yang ada di wilayah Semarang ternyata tidak diimbangi dengan keberadaan moda transportasi umum. Berdasarkan data dari Dinas Tata Kota dan Perumahan, pada tahun 2011 lalu terdapat 115 kawasan perumahan. Dari jumlah tersebut, hanya lima perumahan yang dilalui oleh transportasi umum.

Ketua Laboratorium Transportasi Unika Soegojapranata Djoko Setijowarno mengatakan, tidak ada kewajiban bagi pengembang untuk menyiapkan sarana transportasi umum. “Akibat dari kondisi tersebut, setiap rumah harus memiliki kendaraan bermotor baik roda dua atau empat,” ujarnya.

Djoko mengungkapkan, setidaknya setiap kawasan perumahan memiliki fasilitas untuk pejalan kaki, pesepeda serta sarana angkutan umum.

“Jadi wajar apabila jalan-jalan di Semarang dipenuhi oleh kendaraan bermotor. Ini tentu akan mengakibatkan kemacetan, kecelakaan, serta polusi udara. Untuk mengatasi hal ini, pemkot harus menyediakan sarana BRT agar bias menjangkau perumahan-perumahan di Semarang ini,” pungkasnya. (hid/SMNetwork)


Komentar

TOP